Brand awareness merupakan salah satu strategi dalam membangun bisnis Anda yang sukses. SEO adalah cara yang tepat dalam meningkatkan brand awareness dengan lebih efektif. Sebetulnya, bagaimana hubungan SEO dengan meningkatkan brand awareness bisnis?
Anda bisa menyimak ulasan di bawah ini untuk menemukan bagaimana hubungan SEO terhadap brand awareness.
Apa Itu SEO—Search Engine Optimization?
SEO atau Search Engine Optimization merupakan salah satu tool dalam meningkatkan atau mengoptimalkan mesin pencarian, sehingga konten yang dicari berada di posisi terbaik yakni posisi teratas dan dihalaman pertama pencarian seperti mesin Google.
Sehingga tak jarang pemilik website mengandalkan SEO untuk meningkatkan trafik websitenya. Terutama bagi mereka yang mengelola bisnis marketing digitalnya.
Cara kerja SEO sendiri meliputi beberapa tahapan seperti crawling, indexing, serta ranking. Crawling ini merupakan proses dalam pengumpulan informasi seluruh website, sedangkan indexing proses setelah crawling di mana pada tahap ini data informasi disimpan kepada entry list:index.
Terakhir tahap ranking, di mana mesin pencarian akan menampilkan peringkat yang berdasarkan pada pencarian yang paling sesuai antara konten dengan keyword yang dicari.
Fungsi Search Engine Optimization
Berikut ini fungsi yang dimiliki Search Engine Optimization yang perlu Anda ketahui sebelum tahu bagaimana peran hubungan SEO dengan Meningkatkan Brand Awareness bisnis Anda.
1. Meningkatkan Trafik
Fungsi pertama pada SEO atau Search Engine Optimization adalah untuk meningkatkan trafik website. Fungsi ini tentu sangat penting untuk website yang Anda kelola. Dengan peningkatan trafik inilah website Anda bisa mendapatkan rangking terbaiknya.
Trafik merupakan salah satu hal penting yang perlu diperhatikan oleh Anda si pengelola website, sehingga apabila trafik Anda terbilang baik dan meningkat maka website tersebut mendapatkan kebaikannya tersendiri.
2. Nilai Konversi Bisnis Meningkat
Fungsi kedua adalah untuk meningkatkan konversi bisnis. Hal ini dapat terjadi ketika Anda menargetkan keyword transactional untuk mendapatkan pengunjung calon pembeli produk bisnis Anda.
Tak hanya itu, penggunaan Search Optimization ini dapat Anda manfaatkan untuk meraih keuntungan bisnis dengan jangka waktu yang panjang. Tentunya Anda perlu melakukan optimasi website terlebih dahulu, sehingga SEO dapat bekerja dengan baik.
3. Dapat Menjangkau Pengguna Lebih Luas
Penggunaan SEO ini dapat menjangkau pengguna atau user dengan lebih luas lagi, sehingga trafik website Anda meningkat.
Untuk mendapatkan jangkauan dari para pengguna Anda cukup mengaplikasikan keyword dengan konten artikel dari website Anda. Tentunya keyword yang Anda gunakan harus bersifat informatif.
Nah itulah fungsi utama yang ada pada SEO, dengan fungsi-fungsi ini SEO dapat bekerja dengan baik terhadap brand awareness bisnis Anda.
Kenapa Harus Meningkatkan Brand Awareness?
Brand awareness atau kesadaran merek adalah proses dimana konsumen dapat mengetahui mengenal, mengingat hingga munculnya rasa percaya terhadap produk dari merek bisnis tersebut.
Sehingga dengan adanya rasa percaya ini, mereka dapat memutuskan untuk membeli atau bahkan berlangganan dalam menggunakan produk dari merek tersebut.
Dimanapun mereka berada mereka akan tetap mengingat brand marketing Anda, tentu sangat menguntungkan bukan?
Tak hanya itu, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan kenapa Anda harus meningkatkan brand awareness terhadap bisnis yang Anda kelola. Berikut ini poinnya:
- Memberikan informasi terhadap mereka yang penasaran mengenai produk atau merek yang belum mereka ketahui.
- Orang yang telah mengetahui produk atau merek Anda namun ragu-ragu dalam menggunakan produk Anda, sehingga dengan adanya brand awareness inilah mereka menjadi yakin dan percaya untuk menggunakan produk Anda.
Dengan adanya peningkatan brand awareness, merek dari produk Anda bisa mendapatkan keuntungan besar karena banyaknya pelanggan yang percaya terhadap produk Anda.
Hubungan SEO dengan Meningkatkan Brand Awareness
Setelah mengetahui penjelasan singkat terkait SEO dan brand awareness, mari kita simak bagaimana hubungan SEO dengan meningkatkan brand awareness.
Seperti penjelasan di atas, brand awareness merupakan salah satu proses dalam pengenalan produk bisnis kepada masyarakat sehingga dapat menimbulkan rasa percaya terhadap produk-produk dari hasil brand bisnis Anda.
Di mana bisa dikatakan bahwa 90% pengguna melakukan pencarian informasi terkait produk yang ingin dibelinya menggunakan mesin pencarian Google.
Sehingga, jika Anda mengaplikasikan SEO terhadap konten marketing bisnis Anda, mereka yang melakukan pencarian terkait produk Anda, bisa menemukan informasi bisnis Anda.
Dengan konten artikel yang SEO-Friendly dalam menjabarkan informasi produk secara detail, mereka bisa membangun rasa percaya terhadap produk-produk Anda.
Hal inilah yang menjadikan mereka memutuskan untuk menggunakan produk dan jika produk tersebut memuaskan mereka dapat menjadi pelanggan royal untuk Anda. tentu sangat menguntungkan, bukan?
Manfaat Menggunakan SEO untuk Meningkatkan Brand Awareness
Tak hanya itu jika Anda menggunakan SEO sebagai salah satu strategi dalam meningkatkan brand awareness, Anda bisa mendapatkan manfaat yang cukup menguntungkan Anda.
Lalu, bagaimana poin-poin manfaat penggunaan SEO terhadap brand awareness bisnis Anda? begini penjelasannya.
1. Strategi Organik
Poin pertama yang menjadi salah satu pemanfaatan SEO terhadap peningkatan brand awareness adalah sebagai strategi organik. Dari banyaknya cara meningkatkan brand awareness yang dapat Anda lakukan, menggunakan SEO menjadi salah satu keuntungan tersendiri bagi Anda dalam mengelola sebuah bisnis.
Dikatakan sebagai strategi organik artinya Anda bisa melakukan strategi brand awareness dengan biaya yang lebih hemat dalam menempatkan konten atau website Anda pada halaman utama.Akan tetapi, bukan berarti pula Anda tidak perlu mengeluarkan biaya.
Dalam melakukan strategi SEO Anda perlu memperhatikan beberapa hal seperti waktu, professional hingga alat yang dapat Anda gunakan untuk bekerja lebih baik terhadap strategi ini.
Dalam melakukan strategi SEO, Anda bisa membuat strategi yang hanya terfokus pada niche dan keyword dalam mendapatkan posisi terbaik di Google.
2. Keuntungan Jangka Panjang
Manfaat lainnya Anda bisa mendapatkan keuntungan jangka panjang terhadap bisnis Anda, selama konten website Anda aktif selama konten website Anda mendapatkan kik dan akses dari para pengunjung maka trafik konten tersebut akan terus bertambah.
Maka dengan ini, Anda bisa memperoleh keuntungan yang berjangka panjang. Tentunya cukup menguntungkan untuk bisnis yang Anda kelola bukan?
3. Jangkauan yang Luas
Manfaat lain yang dapat diperoleh dari penggunaan SEO dalam meningkatkan brand awareness Ialah jangkauan konten marketing digital yang lebih luas.
Hal ini menjadikan konten marketing bisnis Anda mendapatkan jangkauan yang lebih luas dengan mudah, terutama jika Anda mengaplikasikan keyword yang dicari oleh pengguna dengan tepat.
Nah itulah 3 keuntungan yang dapat Anda peroleh dalam penggunaan SEO—Search Engine Optimization untuk meningkatkan bisnis marketing Anda.
Dengan mengenal bagaimana hubungan SEO dengan meningkatkan brand awareness, Anda bisa melakukan kelola brand awareness terhadap masyarakat dengan lebih baik. Tentunya strategi satu ini cukup menguntungkan. Yuk, tingkatkan brand awareness bisnis Anda dengan pengelolaan SEO.